Selasa, 02 Juli 2013

Nikmat Berpuasa :)

Saat kita menunaikan kewajiban ibadah puasa maka sejatinya kita harus menyiapkan secara mental dan fisik. Tentunya kita tidak ingin puasa kita gagal karena suatu hal tertentu, dan pastinya jika kita dapat berpuasa penuh maka rasa batin akan menjadi puas.  Maka sebaiknya kita pandai mengkonsumsi makanan dan menjaga vitalitas tubuh kita. Bahkan orang tidak berpuasa sekalipun tetap membutuhkan asupan gizi yang baik.
Meski berpuasa kita tetap menjalani rutinitas dan pekerjaan sehari-hari seperti biasa namun dengan porsi makan dan minum yang tidak seperti biasanya. Otomatis tubuh harus bekerja ekstra menyesuaikan dengan pola makan yang baru.
Faktanya banyak orang yang kerap kali “gagal” berpuasa karena tidak mampu menahan rasa haus dan lapar. Mengingat hal itu, maka diperlukan suatu cara untuk mengatasi dehidrasi sekaligus rasa lapar pada saat yang bersamaan.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk berpuasa dengan kondisi tubuh yang sehat antara lain:
Kurangi aktivitas yang tidak perlu

Mungkin terlihat sepele saat kita melakukan suatu aktivitas yang terkesan ringan. Aktivitas yang tidak perlu dapat dijelaskan sebagai aktivitas yang tidak fungsional dan hanya menguras tenaga. Misalnya saja kegiatan berteriak yang dapat mengganggu kenyamanan sekitar hanya akan menguras tenaga.
Jangan meninggalkan sahur

Beberapa orang kerap malas bangun saat sahur, padahal saat sahur inilah kita mendapatkan banyak energi melalui makan dan minum. Jika kita meninggalkan sahur maka praktis dalam waktu 14 jam ke depan tubuh tidak akan mendapat asupan apa-apa sehingga mengakibatkan kelelahan dan penyakit.
Makanlah makanan yang mengandung banyak serat agar tubuh lebih tahan terhadap rasa lapar.  Sebaliknya, jika terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis malah akan mengakibatkan tubuh mudah lapar. Hal ini dikarenakan insulin dalam tubuh yang mudah keluar jika kita banyak mengkonsumsi makan manis.  Fungsi insulin sendiri adalah memasukkan zat gula yang berasal dari darah ke dalam sel-sel tubuh.
Tetap berolahraga

Olahraga akan menguras tenaga itu benar. Meski demikian, olahraga tetap diperlukan untuk menjaga kebugaran tubuh sekaligus melancarkan peredaran darah. Yang perlu dilakukan adalah olahraga kecil-kecilan saja seperti yoga, jalan pagi, atau lari-lari kecil.

Cukup air

Penelitian menunjukkan bahwa tubuh kita sebagian besar terdiri dari air. maka itu terkadang kita lebih sering merasa haus daripada lapar. Untuk itu, minuman penambah energi jika dirasa perlu tidak ada salahnya  dikonsumsi. Selain itu beberapa minuman yang direkomendasikan adalah susu serta jus dari buah-buahan segar agar vitamin tetap tetap terjaga. Melalui susu, tubuh juga cukup diberikan karbohidrat serta beberapa mineral penting yang berguna.
Mengendalikan emosi

Secara tidak langsung tubuh akan bereaksi terhadap keadaan pikiran, jadi sebisa mungkin hindarilah kondisi pikiran yang tidak mood, atau terus marah-marah. Sebaiknya kita menjaga pikiran agar selalu fresh dan positif terhadap apapun.
Mengendalikan hawa nafsu

Secara umum yang dimaksud di sini adalah mengendalikan diri dari godaan untuk makan serta minum sebelum waktunya. Selain itu masalah kecanduan terhadap rokok dan kopi juga sebaiknya dikendalikan.
Ingatlah selalu bahwa puasa adalah ibadah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar